Langsung ke konten utama

makanan yang menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah ditemukan sehari - hari

1. Telur


makanan menurunkan berat badan dengan cepat
telur mentah

Bagaimana tidak, telur mengandung protein tinggi, lemak sehat, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

telur juga padat nutrisi, sehingga Anda tak perlu takut kekurangan gizi ketika menjalani diet. Meski begitu, usahakan tidak mengonsumsi telur terlalu banyak untuk menghindari lonjakan kolesterol.

Cobalah berkonsultasi dahulu dengan ahli gizi atau ahli diet sebelum mencoba diet telur untuk menurunkan berat badan.

2. Sayuran hijau



makanan yang menurunkan berat badan dengan cepat
sayur - mayur segar


Memperbanyak konsumsi sayuran merupakan cara menurunkan berat badan yang paling aman dan salah satunya adalah sayuran hijau.

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan brokoli mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah. Namun, kandungan serat pada sayuran ini sangat tinggi sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Sayur atau sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan nabati yang biasanya mengandung kadar air yang tinggi, yang dapat dikonsumsi setelah dimasak atau diolah dengan teknik tertentu, atau dalam keadaan segar.Istilah untuk kumpulan berbagai jenis sayur adalah sayur-sayuran atau sayur-mayur.

3. Alpukat


makanan menurunkan berat badan dengan cepat
alpukat mentah

Berbeda dengan buah-buahan lainnya, buah alpukat mengandung lemak sehat dengan karbohidrat yang rendah. Pasalnya, buah berwarna hijau ini mengandung asam oleat tak jenuh tunggal, yaitu jenis lemak yang dapat dijumpai pada minyak zaitun.

Di samping itu, kandungan air dan serat dalam alpukat juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian dalam Journal Nutrition.

Penelitian tersebut melaporkan, penambahan setengah buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan rasa kenyang sebanyak 26 persen. Buah ini juga mengurangi keinginan makan sebesar 40 persen selama 3 jam.

Alpukat memiliki banyak vitamin yang menawarkan nutrisi sangat berguna untuk kesehatan.

BACA JUGA: 3 makanan yang sangat mahal Dan susah di jumpai

1.Vitamin B5: Membantu menurunkan tingkat stress, meringankan rasa sakit dari arthiritis dan kolesterol tinggi.

2.Vitamin B6: Membantu treat diabetes, pendarahan menstruasi, insomnia, dan morning sickness juga car sickness.

3.Vitamin E: Memiliki anti-aging properties dan mendorong perawatan kulit alami.

4.Vitamin K: Membantu mencegah terjadinya internal bleeding, biliary obstruction, dan osteoporosis.

5.Vitamin C: Membantu meringankan dalam beberapa kelainan mata (eye disorders), kolesterol, dan penyakit jantung.

6.Folat/Folate: Membantu perbaikan dan fungsi DNA.

7.Potassium K: Membantu meringankan stroke dan tekanan darah tinggi.

8.Omega-9 Fatty Acid: Melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh.

BACA JUGA: menu makanan yang terkenal di jepang

9.Omega-6 Fatty Acid: Memegang peranan yang krusial dalam fungsi otak.

4. Kentang rebus


makanan menurunkan berat badan dengan cepat
kentang rebus

Dikenal sebagai pengganti nasi, kentang ternyata juga bisa menjadi salah satu makanan penurun berat badan. Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa dimanfaatkan saat diet.

Bahkan, kentang untuk diet juga pernah dinobatkan menjadi peringkat satu dalam satiety index. Satiety index yaitu indeks yang menjadi indikator seberapa besar makanan tersebut membuat Anda kenyang.

Alih-alih mengonsumsi kentang goreng, cobalah merebus kentang dan menunggunya hingga dingin. Pasalnya, kentang rebus yang dingin disebut memiliki pati resisten yang lebih banyak hingga mampu membantu Anda menurunkan berat badan.

Manfaat lain Kentang Rebus sangat bangus untuk Kesehatan.

1.Mengontrol Tekanan Darah.

2.Untuk Diet Sehat.

3.Mengurangi Resiko Penyakit Kronis.

4.Mengontrol Kadar Gula dalam Darah.

5.Memelihara Fungsi Otak dan Saraf.

6.Memperlancar Pencernaan.

5. Gandum utuh


makanan menurunkan berat badan dengan cepat
gandung di lahan


Beberapa jenis biji-bijian serealia memang disebut kurang baik bagi orang yang menjalani program menurunkan berat badan. Untungnya, ada sejumlah jenis gandum utuh yang bisa dijadikan sebagai makanan penurun berat badan.

Biji-bijian ini kaya akan serat dan mengandung protein yang cukup menjalani aktivitas harian. Salah satu jenis gandum utuh yang bisa Anda manfaatkan yakni oat.

Oat merupakan biji-bijian serealia yang kaya akan beta-glukan, yaitu serat larut yang terbukti meningkatkan perasaan kenyang. Selain perasaan kenyang, jenis serat larut ini berperan penting dalam proses metabolisme.

Tidak hanya oat, Anda dapat memanfaatkan gandum utuh lainnya, terutama beras cokelat dan quinoa guna menurunkan berat badan.

Manfaat gandum

1.Melancarkan buang air besar. Kandungan serat yang tinggi dalam gandum ternyata diyakini dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. ...

2.Membantu mengendalikan obesitas. ...

3.Mengurangi risiko penyakit kanker. ...

4.Mencegah pembentukan batu empedu. ...

5.Membantu mencegah diabetes.

6. Buah-buahan

Sudah bukan rahasia umum lagi bila buah-buahan menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan. Beberapa buah penurun berat badan yang bisa Anda coba adalah apel dan pir.

Makan buah apel atau pir di antara waktu makan atau tepat sebelum makan ternyata bisa menekan rasa lapar. Hal ini dikarenakan apel mengandung pektin, yaitu serat larut air yang membuat tubuh kenyang lebih lama.

Sementara itu, buah pir mempunyai serat yang cukup untuk melancarkan pencernaan dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah makan sesuatu.

Meski begitu, orang yang tengah menjalani diet rendah karbohidrat atau memiliki alergi terhadap buah tertentu mungkin perlu menghindari buah-buahan.


Komentar